Jangan Lupa Cicip Kuliner Gunung Merapi yang Khas Ini walau Pun Gunung Merapi Aktif Lagi

INFO SITUS LINK ATMDOMINO.COM ALTERNATIF ATMDOMINO99.COM - Gunung Merapi meletus pada Minggu siang.Gunung api teraktif di Indonesia ini merupakan wilayah wisata yg tawarkan peman&gan & aneka kuliner Gunung Merapi, adalah gunung berapi yg berlokasi di antara dua wilayah yaitu Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta & beberapa kabupaten di Jawa Tengah. Gunung ini disebut berbahaya karena bisa meletus dua sampai lima tahun sekali.Apalagi kawasan permukiman di sekitar'y padat.yg terbaru, pada Minggu sekitar pukul 10.46 WIB, Gunung Merapi meletus. Hal ini disampaikan lewat akun Twitter resmi Balai Penyelidikan & Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi. Tercatat amplitudo maks 70 mm & durasi'y 155 detik.Di balik pesona kecantikan Gunung Merapi sebagai wilayah wisata, wilayah di sekitar'y juga menawarkan aneka kuliner unik & enak. Berikut kuliner Gunung Merapi di wilayah Kaliurang wajib dicoba.

BANDARQ - Jadah Tempe Mbah Carik berlokasi di Kaliurang, jalur pendakian Gunung Merapi di sisi selatan.Sesuai nama'y, daftar makanan andalan di sini adalah jadah tempe. Berupa jadah atau uli dgn tempe bacem plus cabai rawit.Jadah terbuat dari beras ketan yg dimasak bersama dgn parutan kelapa. Kemudian ketan yg sudah matang di tumbuk hingga halus & me'ytu dgn kelapa'y. Cita rasa jadah yg gurih berpadu enak dgn manis'y tempe bacem.Konon jadah tempe diperkenalkan pertama kali oleh Sastro Dinomo atau yg sering disapa mbah Carik sekitar tahun 1950-an di desa Kaliurang.Untuk menikmati'y, sepotong tempe bacem diapit di antara dua lapis jadah. Kemudian dimakan bersamaan seperti burger atau sandwich. dibandrola berkisar Rp 10.000-25.000.

ADUQ - Tongseng Pak Kribo Masih di kawasan Kaliurang, ada Tongseng Pak Kribo sebagai pilihan.Kuliner Gunung Merapi ini sudah ada selama lebih dari 30 tahun. Lokasi tepat'y di Pasar Pakem, Jalan Kaliurang Km 18. Pak Kribo baru membuka kedai'y mulai pukul 17.00.Seporsi tongseng buatan Pak Kribo dijamin bisa hangatkan tubuh. Kuah'y kental dgn aroma rempah yg kuat. Soal keempukan daging kambing tak perlu diragukan. Sebab Pak Kribo ha'y memakai kambing berusia 8 bulan hingga 1 tahun.Tak heran kalau daging-daging akan mudah terlepas dari tulang'y. Memasak tongseng ala Pak Kribo juga unik karena ia masih memakai arang. Aroma tongseng pun jadi lebih enak. Dalam sehari ia bisa menyembelih dua ekor kambing untuk tongseng, tengkleng, & gulai resep'y. dibandrol per porsi Rp 25.000.

Jangan Lupa Cicip Kuliner Gunung Merapi yang Khas Ini walau Pun Gunung Merapi Aktif Lagi


SAKONG - Warung Makan Mbah Ganis Di sepanjang wilayah Kaliurang ada ba'yk warung makan yg menyediakan sate kelinci. Terutama di wilayah wisata Tlogo Putri. Biasa'y kedai makan akan menggantung daging kelinci yg sudah disembelih.Daging tersebut dipotong kecil-kecil lalu dibakar menjadi sate. Sate kelinci lalu dihi&gkan bersama sambal kecap.Tekstur'y mirip daging ayam namun lebih halus & ke'yl. daftar makanan ini bisa dinikmati di kedai Makan Mbah Ganis. dibandrol sekitar Rp 15.000 per porsi.Selain sate kelinci, Mbah Ganis juga tawarkan tongseng unik yaitu tongseng kopyok kelinci. Daging kelinci pada tongseng tidak dicampur namun masih dalam tusukan layak'y sate. Kuah tongseng juga diberi campuran telur sehingga rasa'y lebih gurih.

CAPSA SUSUN - Ingkung Ayam Mbah Cempluk Kuliner Gunung Merapi selanjut'y adalah Ingkung Ayam Mbah Cempluk. Rumah makan ini awal'y ada di Bantul, namun kini pu'y cabang di Jalan Kaliurang KM 16. daftar makanan andalan'y ingkung, ayam yg dimasak utuh.Biasa'y ingkung jadi bagian kelengkapan hi&gan di Jawa, namun kini ingkung juga ba'yk diminati sebagai kuliner sehar-hari. Mbah Cempluk menawarkan ingkung dalam pilihan goreng, bakar, & kukus.Daging ayam terasa gurih manis karena direndam dalam air santan & dibumbui beraneka rempah seperti salam, sereh, jahe, & gula Jawa sebelum dimasak lebih lanjut. Ingkung paling enak dimakan beramai-ramai. Lengkap dgn sayuran seperti cah kangkung & trancam. Harga per ekor ingkung ayam utuh sekitar di bandrol Rp 130.000.

DOMINOQQ - Kopi Merapi Terakhir ada kopi Merapi yg tak boleh dilewatkan saat mengunjungi wilayah Kaliurang.Kopi Merapi sudah sangat terkenal kelezatan'y, bahkan ada Festival Kopi Merapi yg diadakan setiap tahun. Produk kopi yg ditawarkan beraneka seperti jenis robusta, arabica, & luwak.Kopi bisa dibeli dalam bentuk utuh berupa buah, yg sudah diproses menjadi biji hingga bubuk kopi yg sudah dikemas. Soal rasa, kopi Merapi istimewa karena tumbuh di tanah lapukan abu vulkanik.Salah satu tempat populer menikmati kopi Merapi adalah warung Coffee Merapi. Di sini tersedia aneka jenis kopi lokal lain yg juga menarik. Sebagian besar pengunjung datang untuk ngopi setelah melakukan aktivitas tur off road di lereng Merapi.


Comments

  1. Waah kayanya enak nih, thanks for share,.
    Kunjungi juga http://bit.ly/2lDaw4E

    ReplyDelete

Post a Comment